Kabar Gembira! Mulai 2024 Berwisata ke Singapura Tak Lagi Pakai Paspor, Begini Caranya

Kabar Gembira! Mulai 2024 Berwisata ke Singapura Tak Lagi Pakai Paspor, Begini Caranya

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kabar gembira untuk para wisatawan yang akan berwisata ke Singapura.

Pasalnya, mulai awal tahun 2024 mendatang para wisatawan yang akan melintasi pos pemeriksaan darat Singapura dengan mobil, dapat melewati imigrasi di pos pemeriksaan Tuas dan Woodlands tanpa menggunakan paspor.

Otoritas Imigrasi dan Pos Pemeriksaan (ICA) Singapura mengumumkan, sebagai gantinya para wisatawan cukup menggunakan kode QR untuk memasuki negara Singapura.

BACA JUGA:Awas Penipuan! Simak Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja Palsu, Jangan Sampai Menjadi Korban

Mereka yang bepergian dengan mobil dapat membuat profil dan menghasilkan kode QR melalui aplikasi seluler MyICA. Hal ini memungkinkan mereka untuk memindai kode di loket imigrasi manual, di mana petugas ICA akan melakukan pemeriksaan citra wajah menggunakan data yang terekam dalam kode QR.

Dikutip Channel News Asia (CNA), teknologi yang dinamakan Automated Passenger In-Car Clearance System (APICS) ini akan diberlakukan di semua loket untuk mobil di pos pemeriksaan Woodlands dan Tuas. Keduanya merupakan penghubung Singapura dan Malaysia.

APICS sendiri merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Home Team Science and Technology Agency (HTX). Adapun, uji coba pernah dilakukan pada sistem ini di Tuas Checkpoint dan Terminal 4 Bandara Changi pada tahun 2019.

Lebih lanjut dalam pernyataan resminya ICA menjelaskan, peluncurannya sistem APICS akan dilakukan secara bertahap mulai kuartal pertama 2024. Kemudian di tahun 2026, jalur APICS akan diperkenalkan di tuas Checkpoint sehingga petugas tidak perlu ditempatkan di setiap jalur mobil, dan di tahun 2028 sistem APICS akan diterapkan di pos Woodlands dan Tuas, penghubung Singapura dan Malaysia.

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja: PT KAI Buka Lowongan Minimal SMA Bisa Join!

Adapun tujuan Singapura melakukan transformasi sitem ini untuk mempercepat proses pemindahan data para wisatawan sata berada di loket pemeriksaan imigrasi. Disamping itu, wisatawan tak perlu memperbaharui paspor ketika ingin mengunjungi Singapura, hal ini dapat mempermudah wisatawan untuk berkunjung.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: