Lebaran 2023 Telah Usai: Pendatang Diprediksi Bakal Serbu Jakarta!

Lebaran 2023 Telah Usai: Pendatang Diprediksi Bakal Serbu Jakarta!

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memprediksi jumlah pendatang baru usai Idulfitri 1444 Hijriah mencapai angka 36-40 ribu orang. 

Untuk itu, Dinas Dukcapil DKI Jakarta akan menggandeng RT/RW dan dasawisma melakukan pendataan bagi pendatang baru hingga akhir Mei 2023.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaludin mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak melakukan pembatasan bagi pendatang. 

BACA JUGA:Kartu ATM PKH Kedaluwarsa? Tetap Bisa Dicairkan Dana Bansosnya Kok

Namun, para pendatang diminta bisa memenuhi aturan sesuai Pemendagri Nomor 108 tahun 2019 tentang Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil.

"Syaratnya harus memiliki tempat tinggal. Selain itu, kita mengimbau juga mereka memiliki keterampilan dan pekerjaan saat datang ke Jakarta," ujar Budi di Jakarta, Rabu 26 April 2023

Dikatakan Budi, secara teknis pihaknya akan menyiapkan form khusus bagi para pendatang baru. Para pendatang baru tersebut bisa memperoleh form tersebut di loket pelayanan Dukcapil terdekat.

Selanjutnya, form yang telah ditandatangani pemohon dan petugas tersebut bisa diserahkan ke RT/RW setempat sebagai bagian dari kegiatan pendataan penduduk bagi pendatang baru yang akan dilakukan hingga akhir Mei 2023. Data yang terkumpul diharapkan bisa memberikan gambaran real tentang kependudukan di DKI Jakarta.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Satu Whatsapp Bisa Login Dua Hp Loh, Ini Caranya!

"Agar RT/RW bisa mengetahui masyarakat yang ada di lingkungannya. Tentunya ini juga menjadi kontrol sosial bagi RT/RW," sambungnya.

Terhadap pendatang baru, tidak akan ada operasi yustisi. Namun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil hanya akan melakukan pendataan kependudukan terhadap para pendatang. 

“Dinas Dukcapil mendata saja supaya data-data kependudukan valid, mulai dari tinggalnya di mana, ada penjamin atau tidak dan ada pekerjaan atau tidak,” katanya. 

Sebelumnya, Dinas Dukcapil DKI Jakarta memprediksi 40 ribu pendatang baru tiba di Ibu Kota saat musim Lebaran 2023. “Untuk Lebaran 2023 diprediksi jumlah pendatang baru akan bertambah 20-30 persen atau sekitar 36.000-40.000 pendatang,” katanya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: