Catat! Tata Cara Melaksanakan Sedekah di Waktu Subuh, Pasti Auto Banjir Berkah

Catat! Tata Cara Melaksanakan Sedekah di Waktu Subuh, Pasti Auto Banjir Berkah

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Bersedekah adalah amalan yang dianjurkan dalam ajaran agama islam.

Waktu yang paling tepat dan utama yang diajarkan oleh sabda Rasulullah SAW untuk mendapatkan keistimewaan bersedekah yaitu pada waktu subuh.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA:Catat! Doa Setelah Sholat Tarawih, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Adapun, cara melaksanakan bersedekah subuh yang bisa kamu lakukan.

1. Niat bersedekah

Agar menjadi berkah, luruskan niat bahwa sedekah subuh adalah untuk menebar kebaikan yang lebih luas ke sekitarmu. Saat ingin melakukan amalan ini, bacalah niat sedekah subuh di bawah ini.

Nawaitu taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya: “Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

2. Bersedekah harta

Setelah sholat subuh di masjid, kamu bisa mengisi kotak amal yang tersedia di sana. Selain itu kamu juga dapat langsung mengantarkan sumbangan berupa bantuan kepada yang membutuhkan. 

BACA JUGA:Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Doa

3. Memberi sedekah makanan

Memberikan makanan kepada tetangga, panti asuhan, atau pondok pesantren selepas salat subuh. Tak hanya untuk manusia, sedekah dalam bentuk makanan juga bisa kamu berikan kepada makhluk hidup lainnya seperti binatang terlantar di jalanan, ataupun tumbuhan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: