Kartu Prakerja Gelombang 50 Resmi Dibuka, Pencari Kerja Dapat Bantuan Rp4,2 Juta Nih Gaskeun

Kartu Prakerja Gelombang 50 Resmi Dibuka, Pencari Kerja Dapat Bantuan Rp4,2 Juta Nih Gaskeun

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pendaftaran Prakerja gelombang 50 resmi dibuka. Hal ini diumumkan langsung lewat akun Instagram Prakerja @prakerja.go.id.

Program ini menawarkan kesempatan bagi pencari kerja untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka dengan biaya pelatihan yang didanai oleh pemerintah.

Setiap peserta yang lolos seleksi akan menerima subsidi bantuan pelatihan senilai Rp4,2 juta, termasuk insentif sebesar Rp700.000. 

BACA JUGA:Resep Tahu Bakso Ayam untuk Sajian Menu Gorengan Berbuka Puasa, Nikmatnya Bukan Main!

Meski pemerintah merencanakan target sebanyak 1 juta penerima manfaat Kartu Prakerja, alokasi anggaran yang tersedia baru mencukupi untuk 595.000 penerima manfaat dengan nilai Rp2,67 triliun. Sementara sisanya masih dalam proses dan menunggu evaluasi.

Melalui skema normal, pemerintah fokus memberikan peningkatan kemampuan atau skill dengan porsi biaya pelatihan yang lebih tinggi, yaitu sebesar Rp3,5 juta per orang, dari pada insentif. 

Insentif pascapelatihan sebesar Rp600.000 dan insentif survei sebesar Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei (masing-masing Rp50.000/survei).

Program ini menjadi solusi bagi pencari kerja yang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan baru atau mempertahankan pekerjaan mereka.

BACA JUGA:Libur Lebaran Ditambah, THR PNS Bakal Lebih Awal Cair? Ini Bocorannya

Berikut Cara Mendaftar Bantuan Kartu Prakerja Gelombang 50

1. Login www.prakerja.go.id.

2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.

3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.

4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: