Info Mudik Lebaran 2023: Kemenhub Sebut Ribuan Bus Masih Ada yang Tak Layak Jalan

Info Mudik Lebaran 2023: Kemenhub Sebut Ribuan Bus Masih Ada yang Tak Layak Jalan

Mudik 2023-ilustrasi bus-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Menjelang mudik lebaran 2023 tanpa adanya PPKM, Kemenhub menyatakan bahwa masih banyak ribuan bus yang tak layak jalan digunakan mudik.

Maksut dari tak layak jalan yaitu, kondisi mobilnya yang tidak memungkingkan untuk dibawa pergi dengan jarak tempuh yang jauh bisa mengakibatkan kecelakaan.

Hasil ini didapatkan setelah Kemenhub melakukan pemeriksaan kendaraan (rampcheck) ribuan bus yang akan digunakan mudik.

BACA JUGA:Lowongan Kerja KA Wisata Minimal Lulusan SMK Bisa Gabung, Syarat Khusus dan Umum Cek di Sini

Setelah dilakukan pengecekan, Kemenhub mendapatkan hasil terdapat ribuan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Pariwisata tak seharusnya digunakan angkut penumpang.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Danto Restyawan mengatakan hingga 15 Maret 2023 pihaknya sudah memeriksa 7.660 unit bus. Dari jumlah itu, sebanyak 6.246 unit (85 persen) dinyatakan laik jalan dan 1.414 unit bus (18,5 persen) tidak layak jalan.

"Berdasarkan jenis angkutan yang telah dilakukan rampcheck, bus AKAP sebanyak 5.083 unit (67 persen), bus AKDP 1.448 unit (19 persen), dan bus Pariwisata 1.014 unit (14 persen)," ujar Danto saat jumpa pers Jumat, 17 Maret 2023.

Ada pula beberapa faktor mengapa bus-bus mudik 2023 ini tidak layak jalan. Misalnya ada beberapa yang tidak layak jalan karena sudah habis masa berlakunya.

BACA JUGA:Pencairan Dana KUR BRI 2023: Yuk Cairkan Sekarang Juga, Cek Persyaratan Mudahnya di Sini

Ada juga yang tersandung masalah administrasi perizinan, selain itu ada juga yang beroperasi tidak sesuai jenis pelayanan angkutan, masa berlaku uji berkala habis, dan kekurangan pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan.

"Kegiatan rampcheck dilakukan secara terus menerus sebagai tugas rutin di terminal penumpang dan terminal barang serta dilakukan secara insidentil sesuai kebutuhan di tempat pool bus dan tempat wisata," ucapnya.

Kemenhub juga meminta masyarakat untuk memastikan bus yang digunakannya saat nanti tibanya mudik guna untuk menjaga keselamatan diri.

Tahun 2023 menjadi tahun yang aktif kembali untuk dilakukan mudik setelah beberapa tahun adanya covid-19 dan pemberlakuan PPKM.

BACA JUGA:Lirik Lagu 'Komang' Milik Raim Laode, Viral Banget di TikTok: 'Sebab Kau Terlalu Indah dari Sekadar Kata'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: