Kok Harga Cabai Mahal? Kepala Badan Pangan Nasional: Kemarin Itu Basah Hujan

Kok Harga Cabai Mahal? Kepala Badan Pangan Nasional: Kemarin Itu Basah Hujan

Kenaikan harga cabai-ilustrasi cabai-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Harga cabai melonjak naik dipasaran menjelang bulan suci ramadhan 2023 padahal cabai bahan utama yang dibutuhkan untuk memasak.

Dengan adanya peningkatan harga cabai, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengimbau masyarakat untuk menanam cabai sendiri ketika harga meningkat seperti saat ini.

Cabai adalah bahan utama yang seing kali digunakan untuk ibu rumah tangga memasak, menlonjaknya harga cabai membuat para pedagang dan ibu rumah tangga kebingungan.

BACA JUGA:Pencairan Dana KUR BRI 2023: Yuk Cairkan Sekarang Juga, Cek Persyaratan Mudahnya di Sini

"Kalau kering kaya gini itu harga akan baik, kemarin itu basah hujan, kita imbau masyarakat kalau ada kesempatan tanam cabai sendiri seperti Bank Indonesia memberikan 40.000 bibit, tanam pakai polybag itu akan membantu kita semua," kata Arief di Pasar Jaya Kramat Jati Jumat, 17 Maret 2023.

Dalam kesempatan itu, Arief juga mengatakan upaya pemerintah dalam pemerataan stok cabai di daerah demi menekan harga. Upaya itu dengan mengirim stok cabai dari daerah produksi yang surplus.

Arief juga mengatakan bahwa sejumlah daerah produksi cabai yang surplus, di antaranya Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Arief juga menyebutkan daerah yang surplus akan bawang, yakni Brebes hingga Nganjuk.

"Beberapa waktu lalu Gubernur Jambi menyampaikan tolong dikirim itu kita kirim pakai udara. Kalau di sana 120.000 itu sangat membantu, di sini Rp 50.000 sampai 60.000, di sana masih lebih baik daripada Rp 160.00-140.000," ungkapnya.

BACA JUGA:Lirik Lagu 'Komang' Milik Raim Laode, Viral Banget di TikTok: 'Sebab Kau Terlalu Indah dari Sekadar Kata'

Sebagai informasi, untuk harga cabai saat ini memang mengalami peningkatan. Rata-rata harga cabai di Jakarta misalnya cabai merah keriting Rp 49.022/kg, cabai merah besar Rp 50.309/kg, cabai rawit merah sudah menginjak Rp 83.088/kg, dan cabai rawit hijau Rp 50.888/kg.

Biasanya penyebab mahalnya cabai yaitu , memburuknya lahan atau tanah dan kurangnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas menjadi faktor harga cabai tetap tinggi.

Dengan adanya kenaikan harga cabai bisa membuat para pedagang kebingungan bagaimana caranya bisa mendapatkan untung sedangkan bahan dapur selalu naik.

Kenaikan harga sayur dan bahan pangan menjelang puasa adalah salah satu hal yang sering kali terjadi dan membuat resah ekonomi masyarakat.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: