Yuk Intip Daftar Bansos yang Segera Cair di Bulan Ramadan 2023

Yuk Intip Daftar Bansos yang Segera Cair di Bulan Ramadan 2023

Bansos 2023 akan -ilustrasi bansos-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pada tahun 2023 pemerintah akan menyalurkan kembali bansos untuk warga kecil demi membantu kebutuhan hidupnya.

Rencananya, pemerintah akan meluncurkan kembali semua jenis bansos pada bulan suci Ramadhan 2023 yang jatuh pad bulan Maret.

Bantuan ini diberikan untuk memenuhi dan menjamin kebutuhan dasar serta meningkatkan taraf hidup penerima bansos.

BACA JUGA:Potret Nagita Slavina Pakai Bikini di Pantai Diunggah Nisya Ahmad: 'Yang Kita Butuhkan...'

Fungsi ini juga sejalan dengan amanat dalam Inpres Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, dan Program Indonesia Sehat untuk Membangun Keluarga Produktif. 

Menurut Kementerian Keuangan (Kemenkeu), total anggaran untuk perlindungan sosial yang disiapkan mencapai Rp 479,1 triliun. Lalu, apa saja daftar bansos 2023 yang akan cair?

Berdasarkan data yang diumumkan, terdapat tujuh jenis bantuan sosial yang bakal dikucurkan pemerintah pada 2023.

1. PKH (Program Keluarga Harapan)

BACA JUGA:Di Balik Viralnya Lagu 'Sial', Mahalini Terinspirasi dari Hubungan Asmaranya: 'Gue Dighosting Orang'

Dengan target 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan bansos sebesar Rp 200 ribu sampai Rp 3 jutaan tergantung dari hak penerima. Masyarakat dari Keluarga Miskin (KM) didorong untuk memanfaatkan berbagai fasilitas kesehatan (faskes) dan fasilitas pendidikan (fasdik) dari program PKH. Mulai dari ibu hamil, anak usia dini, lulusan SD, SMP, SMA, disabilitas, hingga lanjut usia (lansia).

2. Program Kartu Sembako

Tercatat ada 18,8 juta KPM aktif yang direncanakan akan memperoleh masing-masing sebesar Rp 200 ribu melalui Program Kartu Sembako di tahun ini. Program yang dulunya bernama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan masyarakat. Tidak hanya beras dan telur, tetapi juga komoditas lain termasuk buah serta sayuran.

3.Kartu Prakerja

BACA JUGA:Kabar Bahagia! Buruan Rebut Bansos Beras, Telur dan Ayam 3 Bulan ke Depan, Cek Caranya di Sini

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: