Wasir Tak Kunjung Sembuh? Ternyata Ini Penyebabnya!

Wasir Tak Kunjung Sembuh? Ternyata Ini Penyebabnya!

Penyebab wasir-ilustrasi susah BAB-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Wasir sering kali membuat penderitanya tak nyaman dengan kondisi yang sedang dialaminya, bahkan sampai mengeluhkan kapan akan berakhir. 

Pada beberapa orang, keluhan wasir dapat sembuh setelah beberapa hari namun ada juga yang memiliki kesembuhan wasir dengan waktu yang lama.

Akan tetapi pada kasus lain, wasir akan bertahan dan kambuh atau bahkan menjadi lebih besar dan mungkin memerlukan pengobatan medis untuk meminimalkan gejala dan mengecilkan wasir.

BACA JUGA:Ini Penjelasan Sakit Pinggang dan Apa Saja Gejala yang Bisa Menyebabkannya

Wasir berasal dari kumpulan kecil pembuluh darah dari anus dan rektum bagian bawah yang berkembang ketika pembuluh darah menjadi bengkak atau teriritasi. Wasir dapat membuat penderitanya merasakan sakit dan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman seperti, duduk atau berjalan.

Tidak ada durasi yang ditetapkan untuk wasir. Menurutnya wasir kecil dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun dalam beberapa hari. Namun, wasir eksternal yang besar mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Apabila wasir tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, sebaiknya Anda menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih optimal. Adapun faktor risiko wasir yang parah atau berulang yang dapat mempersulit penyembuhan wasir sehingga masalah tersebut bertahan lebih lama sebagai berikut.

1. Tidak mendapatkan cukup serat.

BACA JUGA:Anies Baswedan Dulu Hanya Punya NasDem Saja, Pakar: 'Sekarang PKS dan Demokrat Juga Klaim Dia'

2. Menjalani gaya hidup yang buruk.

3. Mengalami sembelit yang kronis.

4. Mengalami diare kronis.

5. Mengejan saat buang air besar.

BACA JUGA:Surya Paloh Bela-belain Berangkat ke Hambalang, Prabowo Subianto: 'Ada Niat, Bukan Basa-basi'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: