Ini Dia Bahaya Nahan Kencing, Jangan Dilakukan Ya!

Ini Dia Bahaya Nahan Kencing, Jangan Dilakukan Ya!

Bahaya Menahan Kencing-bzndenis-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - "Nahan kencing" atau "tahan kencing" adalah keadaan di mana seseorang menahan atau menunda buang air kecil meskipun merasakan dorongan untuk melakukannya.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti ketidaknyamanan atau ketidakmampuan untuk mencari fasilitas toilet yang sesuai atau aman, atau mungkin karena seseorang tidak ingin terganggu oleh kegiatan buang air kecil dalam situasi sosial atau publik tertentu.

Namun, menahan kencing secara terus-menerus dan berulang-ulang dapat membawa dampak buruk pada kesehatan.

BACA JUGA:Waspada! 5 Efek Samping Konsumsi Makanan Mentah, Mengandung Bakteri dan Parasit

Hal tersebut karena kandung kemih yang terisi terlalu lama dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan bahkan infeksi saluran kemih.

Selain itu, menahan kencing secara terus-menerus juga dapat memperburuk kondisi tertentu seperti inkontinensia urin, pembesaran prostat, atau batu ginjal.

Oleh karena itu, jika merasa dorongan untuk buang air kecil, sebaiknya segera mencari toilet terdekat atau fasilitas yang sesuai untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius.

Menahan kencing secara terus-menerus dan berulang-ulang dapat membawa dampak buruk pada kesehatan. Beberapa bahaya menahan kencing yang dapat terjadi adalah:

BACA JUGA:Nanas Punya Banyak Efek Samping Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak? Begini Faktanya

1. Infeksi Saluran Kemih: Menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan infeksi saluran kemih karena bakteri yang ada di kandung kemih terus bertambah dan berkembang biak.

2. Kandung Kemih Hiperaktif: Menahan kencing terlalu sering dapat menyebabkan kandung kemih menjadi terlalu sensitif dan hiperaktif sehingga sering merasakan dorongan untuk buang air kecil.

3. Pembesaran Prostat: Pria yang terbiasa menahan kencing terlalu lama dapat memperburuk kondisi prostat yang sudah membesar dan menimbulkan gejala seperti sering buang air kecil.

4. Batu Ginjal: Menahan kencing terlalu lama dapat membuat garam dan mineral yang terkandung dalam urin mengendap dan membentuk batu ginjal.

BACA JUGA:Jangan Minum Kopi Hitam Sebelum Tidur Jika Nyawa Kalian Mau Selamat, Efek Sampingnya Bikin Ketar-ketir!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: