Tips Khusu dalam Sholat, Usahakan Lakukan di 3 Tempat Ini!

Tips Khusu dalam Sholat, Usahakan Lakukan di 3 Tempat Ini!

Ilustrasi Seseorang sedang Shalat di Masjid--Republika.co.id

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Shalat merupakan kewajiban yang harus dijalani ummat muslim. Dasar hukum ini tidak bisa ditimbang-timbang dan ditawar lagi. Hukumnya langsung dari Allah SWT. 

Keberadaan Allah SWT sendiri tidak bisa diukur oleh apa pun. Kata Ibn Rasyid filsuf besar dalam agama Islam, alam ini sudah sangat cocok bagi manusia, tidak mungkin tidak ada Tuhan yang mencipta. 

Di dalam solat umat Islam juga diharuskan khusu' karena kekhusu'an dalam solat adalah kewajiban. Tetapi tak jarang orang sulit untuk khusus ketika solat. 

BACA JUGA:7 Tips Menghindari KDRT, Jangan Cepat Emosi Ya Santai Aja

Dikutip dari cuitan Twitter Gus Muhammad Zainal Ilmi, ada tiga tempat bacaan yang minimalnya bisa dikhusu'kan kalau belum bisa khusu' sepenuhnya. 

Pertama, ketika membaca doa iftitah pada bacaan

وجهت ، وجهي

Kedua, ketika membaca Fatihah pada bacaan

ايك نعبد وايك نستعين 

BACA JUGA:Tips Memasak Sup Tom Yam yang Enak dan Lezat, Simak Triknya di Sini

Ketiga, ketika membaca tasyahud pas bacaan

السلام عليك ايها النبي ورحمة الله وبركاته

Khusu’ dalam shalat merupakan perkara yang sangat penting, sebab hal itu merupakan tujuan utama dari shalat yang kita kerjakan. 

Di samping itu, khusu’ merupakan syarat diterimanya shalat di sisi Allah SWT. Dalam kitab Sullam at-Tauufiq disebutkan, ”di Samping syarat-syarat agar shalat dapat diterima di sisi Allah SWT, ... harus menghadirkan hati dalam shalat (khusu’), maka tidak ada pahala bagi seseorang dalam shalatnya kecuali pada saat hatinya datang dalam shalatnya. (Sullam at-Taufiq, 22). Sebagaimana dikutip dari Nu Online yang ditulis oleh KH Muhyiddin Abdusshomad Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris). 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber