Simak! 6 Tips Ampuh Ini Bisa Buat Wajah Tetap Cantik dan Bebas Jerawat Meski Pakai Masker

Simak! 6 Tips Ampuh Ini Bisa Buat Wajah Tetap Cantik dan Bebas Jerawat Meski Pakai Masker


Cara merawat wajah demi hindari jerawat ||pixabay

Simak! 6 Tips Ampuh Ini Bisa Buat Wajah Tetap Cantik dan Bebas Jerawat Meski Pakai Masker

TRENDINGNEWS.ID - Penggunaan masker dalam waktu yang lama membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Gesekan ini memicu terjadinya iritasi kulit, sehingga kulit wajah akan meradang dan jerawat pun lebih mudah muncul.

Selain itu, menghela napas dan berbicara saat menggunakan masker juga akan menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi terlalu lembap.

Kondisi ini tidak hanya menyebabkan pori-pori tersumbat, tetapi juga mempermudah bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker dilakukan dengan memperhatikan penggunaan masker dan kebersihan wajah.

Penggunaan masker yang tidak tepat, seperti masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman.

Berikut cara menghilangkan jerawat karena masker:

BACA JUGA:Pasti Sukses! 6 Jenis Pekerjaan ini Cocok Buat Orang Ekstrovert, Karier Dijamin Bersinar Brosis

1. Jangan Pakai Masker yang Sama Berulang Kali

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab jerawat akibat penggunaan masker adalan penggunaannya yang tidak tepat.

Penggunaan masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman.

Jadi, untuk masker yang sekali pakai, seperti masker bedah atau masker N95, pakai satu kali saja, jangan berulang-ulang.Ganti maskermu jika dirasa sudah terlalu lembap.

Sementara itu, untuk masker kain, sebaiknya kamu punya lebih dari satu masker. Supaya satu masker dicuci dan dijemur, kamu punya cadangan masker yang bersih.

Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai, sebelum dicuci. Cucilah masker kain dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

BACA JUGA:Manfaat Ramuan Bawang Putih Disaat Wabah Covid-19, 5 Penyakit ini Wajib Mengkonsumsinya, Coba Deh!

2. Memastikan Kulit Terhidrasi

Sebelum mengenakan masker, pastikan kulit wajah sudah cukup terhidrasi dengan menggunakan rangkaian produk perawatan kulit favorit.

Menggunakan tabir surya juga dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit, terutama ketika hendak pergi ke luar rumah. Pastikan juga menggunakan pelembap wajah secara rutin untuk menjaga hidrasi kulit.

BACA JUGA:Bahaya! Menyendiri Saat Isoman Dapat Timbulkan Depresi Loh, Simak 5 Tips Berikut Ini Agar Terhindar dari Kesepian

3. Segera Bersihkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker selanjutnya adalah segera membersihkan wajah. Setelah seharian beraktivitas di luar rumah menggunakan masker, bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

+++++

Jika kamu pakai makeup, bersihkan dengan cleanser milk, balm, pembersih minyak, atau micellar water. Untuk rias wajah yang tahan air (waterproof), gunakan pembersih yang berbahan minyak agar hasilnya lebih efektif.

Setelah riasan cukup bersih, cuci wajah dengan air mengalir dan sabun pembersih wajah. Bila perlu, lakukan eksfoliasi dengan scrub, anjurannya adalah dua kali seminggu. Keringkan dengan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk.

BACA JUGA:Gak Cuma Buat Kesehatan Gigi dan Turunkan Berat Badan, VCO Ternyata Punya 11 Manfaat Lain, Cek Yuk Ah!

4. Istirahat Gunakan Masker

Istirahat memakai masker selama 15 menit setiap 4 jam Untuk menjaga kesehatan kulit. Saat melepas dan menggunakan masker lagi, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan lakukan di tempat yang aman.

Pilih tempat di luar ruangan dan ada jarak setidaknya dua meter dari orang lain, di rumah, atau saat berada di satu ruangan sendirian. Setelah 15 menit, gunakan masker yang bersih.

5. Gunakan Sunscreen

Selain pelembap, jangan lupa juga oleskan sunscreen 15 menit sebelum kamu keluar rumah. Pakailah sunscreen khusus wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih untuk mencegah hiperpigmentasi kulit akibat sinar matahari.

Kamu juga bisa memilih sunscreen yang diperkaya dengan zinc dan titanium. Kandungan ini bisa dijadikan cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker.

BACA JUGA:Dikenal Ramah, 5 Zodiak ini Sangat Friendly dan Banyak Teman, Tapi ada Plus-Minusnya juga Lo!

6. Hindari Penggunaan Makeup Terlalu Tebal

Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker berikutnya adalah menghindari pakai makeup terlalu tebal. Kamu tetap bisa tampil menawan dengan mengenakan makeup, namun, gunakanlah makeup yang ringan dan tidak terlalu tebal.

Tetapi, jika kamu memang sedang berjerawat, sebaiknya hindari dulu penggunaan makeup. Hal ini karena makeup dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat semakin parah.

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: