Catat ya! 4 Cara Perawatan Perhiasan Imitasi ini Bisa Sista Lakukan di Rumah, Hasilnya Tak Terduga!

Catat ya! 4 Cara Perawatan Perhiasan Imitasi ini Bisa Sista Lakukan di Rumah, Hasilnya Tak Terduga!


Cara jitu merawat perhiasan imitasi, 4 langkah ini bisa diterapkan||dok. cleanipedia.com

Agar Tetap Awet! 4 Cara Perawatan Perhiasan Imitasi ini Bisa Sista Lakukan di Rumah, Hasilnya Tak Terduga!  

TRENDINGNEWS.ID - Aksesoris perhiasan merupakan pernak-pernik berkilau yang cantik.

Seperti benda pada umumnya, aksesoris pun dapat kehilangan keindahannya jika sering dipakai dan tidak dijaga dengan baik.

Apalagi aksesoris yang tidak terbuat dari bahan emas, maka ketahanannya akan kotoran dan kerusakan lebih rentan.

Namun, banyak yang tidak tahu bahwa minyak wangi, lotion, keringat, dan makeup dapat merusak dan mengurangi kualitas perhiasan. Dengan demikian, perhiasan perlu dibersihkan dan dirawat dengan baik.

Cara membersihkan perhiasan emas imitasi dan cara merawatnya pun tergolong mudah. Untuk itu, kamu bisa mencoba lima cara ini untuk merawat perhiasan imitasi agar lebih awet dan antikusam.

BACA JUGA:Pasti Sukses! 6 Jenis Pekerjaan ini Cocok Buat Orang Ekstrovert, Karier Dijamin Bersinar Brosis

1. Gunakan Sabun Pencuci Piring

Sabun cuci piring memiliki bahan yang lembut untuk digunakan sebagai pembersih perhiasan imitasi. Kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan kotoran dan sisa keringat yang tertinggal atau menempel pada perhiasan.

Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam mangkuk yang telah diisi air bersih.

Aduk hingga berbusa, kemudian rendam perhiasan selama lima menit. Sesudah direndam, gosok-gosok dengan sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih sebelum dikeringkan.

BACA JUGA:Manfaat Ramuan Bawang Putih Disaat Wabah Covid-19, 5 Penyakit ini Wajib Mengkonsumsinya, Coba Deh!

2. Jangan Terkena Parfum

Hal yang satu ini masih sering dianggap remeh oleh beberapa pemilik perhiasan imitasi. Saat kamu menggunakan perhiasan imitasi, sebaiknya gunakan parfum terlebih dahulu dan tunggu hingga parfum terasa kering.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Kadar alkohol yang terkandung di dalam parfum bisa menyebabkan lapisan perhiasan cepas berkarat dan mengelupas.

+++++

Terutama kalung, anting, dan gelang, karena biasanya ladies pasti terbiasa menyemprotan parfum di area seperti pergelangan tangan dan juga leher.

BACA JUGA:Wajib Punya! 3 Jenis Sepatu Cowok ini Cocok Buat OOTD Lo, Bro! Aktivitas Harian dan Gaul Oke juga, kok

3. Simpan dalam Wadah Khusus

Berbeda dengan emas atau perak, perhiasan imitasi dinilai lebih rentan tergores. Sehingga, ada baiknya kamu menyimpan perhiasan imitasi di tempat terpisah dari perhiasan logam lainnya. Bahkan, jika perlu kamu bisa gunakan tisu atau kapas untuk membungkusnya.

Selain itu, untuk menjaga kelembapan di dalam tempat penyimpanan, tambahkan juga silica gel di dalam kotak. Hal ini akan membantu perhiasan imitasi tetap kering dan tidak mudah teroksidasi.

BACA JUGA:6 Zodiak Pria ini Masuk Kategori Idaman Para Wanita, Apakah Kamu Salah Satunya?

4. Bersihkan dengan Air Lemon

Untuk yang satu ini perlu dilakukan tergantung logam perhiasan apa yang kamu miliki. Seperti perhiasan yang terbuat dari kuningan misalnya, maka kamu harus rajin membersihkannya agar tidak mudah berkarat.

Untuk caranya, kamu bisa bersihkan dengan air lemon yang membantu mencegah oksidasi.

Pertama, siapkan perasan air lemon dan taruh pada mangkuk kecil. Gosok perhiasan perlahan dengan sikat halus, bisa dengan sikat gigi atau spons. Lalu diamkan 15 menit, bilas dan gosok dengan lembut. 

 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: