Meski Pembangunan Belum Selesai, Upacara Hari Kemerdekaan Tahun 2024 Tetap Diadakan di IKN

Sabtu 13-07-2024,12:00 WIB
Reporter : M. Rafa Nugraha
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID- Kabarnya upacara hari kemerdekaan tetap akan dijalankan tahun 2024 ini di IKN.

Meskipun IKN belum siap dan pembangunannya masih belum kelar tetapi IKN sudah menjadi tempat pertama upacara hari kemerdekaan tahun 2024 ini.

Sampai saat ini IKN belum tersedia listrik dan juga air.

BACA JUGA:Para MobaLovers, Jangan Lewatkan 3 Kode Redeem ML Hari Ini: 12 Juli 2024!

Hal tersebut disampaikan oleh kepala satuan tugas perencanaan pembangunan infrastruktur proyek ibu kota negara Imam Santoso Ernawi.

Ernawi mengungkapkan bahwa hujan deras yang terus-menerus telah menghambat penyelesaian jaringan air bersih, yang semula dijadwalkan pada 8 Juli.

“Rupanya dalam pelaksanaannya, kemarin hujan nggak berhenti di sana. Sehingga terpaksa mundur, sehingga test and commissioning mundur juga kembali ke tanggal 17," kata dia dalam konferensi pers virtual, Kamis.

“Setelah tes commisioning tahap akhir itu, minimum yang akan kita operasionalkan itu 150 liter per detik, itu pasti. Dan itu memenuhi kebutuhan untuk air minum kawasan, yang sekarang beroperasi, sangat cukup banget lah," ujar dia.

BACA JUGA:Bank Saqu Adakan Promo Ka99et di Subway, Cuma Bayar Rp 9.900 Udah Dapat Ayam!

Akan tetapi, bagi para  analis mengatakan masalahnya lebih dari sekedar hujan lebat yang sudah diperkirakan dalam musim-musim sekarang ini, namun penyebabnya adalah proyek yang terburu-buru tanpa penelitian yang cukup, kurang kohesi, dan merupakan korban dari ambisi politik.

Proyek ambisius yang menelan biaya lebih dari Rp 466 triliun itu telah terhambat oleh berbagai penundaan, pembebasan lahan, dan perjuangan untuk menarik investasi swasta.

Bulan lalu, kepala otorita IKN dan wakilnya mengundurkan diri tanpa penjelasan, yang kemungkinan akan semakin mengikis kepercayaan investor.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah menetapkan target penyelenggaraan HUT ke-79 RI di IKN. Ernawi mengumumkan bahwa upacara itu akan difokuskan di kawasan inti pemerintahan, khususnya di halaman depan istana kepresidenan dan kantor presiden.

BACA JUGA:Kode Redeem Genshin Impact Hari Ini, Buruan Klaim untuk Amankan

Menurut dia, pembangunan di area tempat upacara tersebut terus digenjot agar bisa menampung hingga 8.000 peserta.

Kategori :