Yuk Baca Doa Tahun Baru Islam 2024 Ini, Berikan Hidup Keberkahan Berlimpah

Sabtu 06-07-2024,15:00 WIB
Reporter : M. Rafa Nugraha
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Umat muslim akan memasuki waktu tahun baru islam ditahun 2024 ini dimana jatuh pada tanggal 7 Juli 2024.

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, muslim dianjurkan membaca doa. 

Hal ini dilakukan supaya tahun ke depannya semakin berkah dan selalu dilindungi oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Merapat! Kode Redeem Terbaru Free Fire, Jangan Sampai Kehabisan

Doa awal tahun Hijriah yang sering dibaca adalah yang dibagikan Habib Utsman bin Yahya dalam kitabnya Maslakul Akhyar. 

Habib Utsman adalah seorang Mufti  Jakarta abad ke-19-20 M.

Menurutnya, orang yang membaca doa awal tahun tersebut akan membuat umat Islam dari godaan setan.

“Barangsiapa membaca doa ini tiga kali di awal bulan Muharram setelah salat Maghrib, maka sesungguhnya setan itu mengucapkan bahwa anak Adam ini sudah aman dalam sisa umurnya selama tahun itu. Sebab Allah SWT memberikan asisten berupa dua malaikat untuk menjaganya agar tidak digoda setan,” demikian dikutip dari NU Online.

BACA JUGA:Lowongan Kerja di Jakarta Buat Lulusan SMA/SMK, Hari Ini Dibuka!

Adapun bacaan doa yang bisa para umat muslim baca diawal tahun yaitu :

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm. 

Artinya: "Tuhanku, Kau Yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Membaca doa awal tahun merupakan bentuk harapan kepada Allah agar dianugerahkan rahmat, perlindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karier, dan kebaikan lainnya.

Kategori :