Yuk Simak! 3 Tips Agar Mental Tetap Sehat di Tengah Pemberlakuan PPKM Darurat

Kamis 15-07-2021,08:00 WIB
Reporter : Rezkia Kurniasih
Editor : Guntara


Tips Sehat Mental di Tengah Pemberlakuan PPKM Darurat, ikuti 3 cara ini yuk||Ilustrasi by pixabay
 
TRENDINGNEWS.ID - Berbagai belahan dunia masih berusaha keras untuk melawan pandemi COVID-19 yang belum usai hingga saat ini.
 
Termasuk Indonesia, berbagai upaya dilakukan mulai dari menerapkan 3M (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), menggalakkan vaksin, hingga menghentikan beberapa kegiatan seperti sekolah tatap muka. 
 
Setahun lebih seluruh elemen masyarakat merasakan dampak yang signifikan akibat pandemi ini seperti, perekonomian dan kesehatan.
 
Maka dari itu, kesehatan masih menjadi aset utama yang diperjuangkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.
 
BACA JUGA:Mulai Kamis ini! Dirlantas Polda Metro Jaya Tambah Jadi 100 Titik Penyekatan di DKI Jakarta dan Sekitarnya, ini Daftar Lengkapnya!
 
Dilansir dari kemenkes, Sehat adalah keadaan sehat baik secara fisik, spiritual, mental maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi.
 
Kondisi kesehatan mental belakangan menjadi sorotan, karena banyak orang menjadi depresi yang umumnya disebabkan oleh kekhawatiran terhadap wabah, kecemasan akan kondisi ekonomi dan stress.
 
Berikut tips untuk menjaga kesehatan mental saat pandemi 
 
1. Mengubah Mindset 
Dalam kinerjanya, otak memberi pesan kepada seluruh anggota tubuh untuk merespon apa yang dipikirkan.
 
BACA JUGA:'Puas' Buron Selama 15 Tahun, Akhirnya Josef Tjahjadjaja si Pembobol Bank Mandiri Rp 120 M Ditangkap Kejagung
 
Merupakan hal wajar saat kondisi cemas, khawatir bahkan stres mampu menimbulkan perasaan-perasaan negatif yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. 
 
Tips pertama dalam menjaga kesehatan mental yakni dengan mereset hal negatif dalam pikiran/perasaan yang muncul saat keadaan tertekan.
 
Lakukan relaksasi dan coba berinteraksi dengan diri sendiri bahwa keadaan tersebut hanya sementara, ingat kembali hal-hal yang membuat bahagia, dan cari kemampuan  yang bisa Anda maksimalkan saat bekerja maupun di rumah. 
 
Kegiatan tersebut selain bermanfaat untuk mengubah pikiran menjadi positif, juga mampu memotivasi agar semangat dalam menjalani hari di tengah pandemi.
 
BACA JUGA:Serukan Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina di KTM GNB, Menlu RI Sebutkan Tiga Poin Penting ini
 
Kegiatan ini bagus dilakukan sesaat sebelum tidur atau setelah bangun tidur, sebab di waktu tersebut tubuh sudah memasuki gelombang tetha atau keadaan setengah sadar. 
 
2. Fokus 
Hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan tidak memikirkan perkataan orang lain dan fokuslah terhadap diri sendiri.
 
Sebab manusia tidak dapat mengontrol beberapa hal seperti kejadian di masa mendatang, serta respon orang lain terhadap diri kita. 
 
Kemudian, yang dapat dilakukan adalah fokus terhadap diri sendiri agar Anda bisa lebih dekat sengan goals yang telah dirancang.
 
BACA JUGA:Angkat Laksda TNI Anwar Saadi Jadi Jampidmil Kejagung, ST Burhanuddin: Kerja Korps Adhyaksa Akan Makin Baik
 
Fokus juga mampu membantu Anda dalam mengendalikan diri, menjaga kesejahteraan terutama saat kondisi krisis seperti sekarang ini.
 
3. Membuat Jadwal Rutinitas
Dalam menjalani hari di tengah pandemi, Anda wajib membuat list rutinitas dari prioritas hingga kegiatan yang menjadi kegemaran.
 
Tulis kegiatan apa saja yang harus dilakukan dalam sehari, kemudian tempel di dinding atau buat pengingat di telephone genggam. 
 
Mulailah dengan hal sederhana seperti memasak, berkebun, olahraga, mendekorasi ruangan, membuat permainan di rumah, dan yang terpenting luangkan waktu bersama keluarga, sahabat atau teman kerja untuk menceritakan kekhawatiran Anda.
 
BACA JUGA:Ferdinand Hutahaean: Wacana Perpanjang PPKM Darurat Jangan Dipolitisasi dan Malah Bikin Gaduh!
 
Kegiatan ini selain mampu menambah produktivitas, juga dapat menghindari Anda dari depresi.
Tags :
Kategori :

Terkait