JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Di era digital saat ini, telepon tetap menjadi salah satu kanal utama bagi pelanggan untuk menghubungi layanan bisnis.
Berdasarkan survei Verint dalam The State of Digital Customer Experience (CX) Report 2024, 66% pelanggan masih menghubungi layanan perusahaan melalui telepon.
Sementara itu, 87% responden menempatkan kecepatan respons sebagai faktor paling penting dalam pengalaman pelanggan (customer experience).
Ini menunjukkan bahwa efisiensi layanan tetap menjadi prioritas utama di berbagai saluran komunikasi.
BACA JUGA:Viral! Aksi Nekat Pengunjung Dekati Binatang Buas di Taman Safari Indonesia Bikin Geger Media Sosial
Meskipun telepon tetap menjadi pilihan utama, banyak pelanggan menghadapi kendala dalam menghubungi bisnis, salah satunya karena keterbatasan pulsa.
Seiring perubahan perilaku pelanggan yang lebih memilih kuota internet dibandingkan pulsa, bisnis yang masih bergantung pada telepon konvensional perlu mencari solusi agar tetap mudah dihubungi.
Hal ini disampaikan oleh Nisrina Az Zahra, Customer Success RevComm Indonesia, dalam acara MiiTel Community yang digelar pada 12 Februari 2025.
“Saat ini, orang-orang lebih memilih membeli kuota internet daripada pulsa untuk melakukan panggilan. Hal ini menjadi tantangan bagi bisnis yang masih bergantung pada telepon konvensional,” ujar Zahra.
BACA JUGA:Promo Spesial Crazy Ayce di Shaburi & Kintan Buffet Balik Lagi! Makan Sepuasnya Hanya Rp 125 Ribu
Dalam kesempatan tersebut, Zahra memaparkan studi kasus salah satu beach club terbesar di dunia yang beralih ke MiiTel untuk sistem telepon mereka. Sebagai destinasi favorit wisatawan lokal maupun internasional, beach club ini kerap dihubungi wisatawan untuk mencari informasi atau melakukan reservasi.
Namun, karena dulu layanan pelanggan mereka masih bergantung pada panggilan telepon konvensional, banyak pelanggan yang kesulitan menghubungi mereka akibat keterbatasan pulsa.
"Oleh karena itu, beach club ini akhirnya mengadopsi MiiTel Scan to Call dan Instant Call, yang memungkinkan wisatawan lokal maupun internasional menghubungi mereka secara gratis tanpa perlu membeli pulsa, cukup dengan memindai QR code atau mengklik tautan di situs web maupun platform media sosial bisnis tersebut,” jelas Zahra.
Sebagai solusi komunikasi berbasis AI, MiiTel menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan efisiensi layanan pelanggan dan penjualan bisnis. Salah satu fitur unggulannya, MiiTel Scan to Call dan Instant Call, memungkinkan bisnis menyediakan layanan pelanggan via telepon tanpa pulsa.
BACA JUGA:GAS Serbu Promo Hokben Super Hemat Cuma Bayar Rp 9.000 Aja, Cek Syaratnya!