Pengendara Wanita Harus Tetap Dahulukan Keselamatan: Ini 5 Dasar #Cari_Aman Saat di Jalan!

Kamis 26-09-2024,08:30 WIB
Reporter : Jeany Pohan
Editor : Priya Satrio

Kendaraan dengan dimensi besar dipastikan memiliki blind spot yang sangat besar dan tidak sedikit pengemudi bus atau truk tidak dapat melihat sepeda motor di sekitar kendaraan.

5. Selalu Tenang Saat di Atas Motor

Tidak melulu soal teknis, soal psikologis juga harus jadi perhatian. Para pengendara khususnya Wanita, saat berkendara dalam kondisi apapun saat berada di atas motor harus tetap tenang, tidak dalam keadaan emosi dan gegabah ambil keputusan.


Pengendara Wanita Harus Tetap Dahulukan Keselamatan: Ini 5 Dasar #Cari_Aman Saat di Jalan!--Istimewa

BACA JUGA:Ada 7 Tanda Bahaya Motor Akan Segera Turun Mesin, Cek daripada Mogok di Jalan!

“Pengendara pria dan wanita memiliki cara berkendara yang berbeda, sehingga untuk menghindari terjadinya kecelakaan diperlukan pemahaman lebih mengenai keselamatan berkendara. Untuk dapat berkendara dengan aman, pengendara wanita juga diharapkan dapat menghormati pengendara lain,” ungkap Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

Pengendara Wanita juga disarankan agar selalu membawa barang bawaan yang tidak terlalu banyak agar tidak menimbulkan kendala ketika mengerem dan berbelok. Barang bawaan disarankan dapat disimpan di bagasi atau kompartement yang tersedia.

Selain itu, tidak mengoperasikan handphone atau smartphone ketika berkendara karena akan menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan di jalan raya. Atribut keselamatan seperti helm tetap wajib digunakan meski hanya menempuh jarak pendek.

“Dengan memperhatikan aspek keselamatan untuk diri sendiri terlebih dahulu dapat mengurangi potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Kemudian perlu untuk menghormati pengguna jalan lain dan tidak egois agar selalu #Cari_Aman,” tutup Agus Sani.

Kategori :