6 Dampak Mengerikan Adanya Bullying, Jangan Remehkan Kasusnya!

Jumat 08-12-2023,06:00 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

3. Sulit Percaya Orang Lain 

Dampak negatif bullying bagi korban selanjutnya adalah akan sulit mempercayai orang-orang disekitarnya atau trust issue. 

Kondisi ini rentan dialami oleh korban bullying karena mereka khawatir akan mendapatkan perlakuan buruk kembali bila menaruh kepercayaan terhadap orang lain. 

Bahkan, bila tidak segera diatasi, korban bullying yang mengalami trust issue cenderung akan menutup dirinya dan enggan bersosialisasi dengan orang lain.

4. Pikiran untuk Bunuh Diri 

Dampak bullying bagi korban yang satu ini tidak hanya bisa menghampiri pikiran orang dewasa. 

Korban bullying berusia anak-anak dan remaja pun berisiko memiliki pikiran untuk mengakhiri hidup. 

Tidak jarang ada laporan kejadian tentang anak berusia sekolah yang meninggal dunia akibat bunuh diri setelah dirundung oleh teman-teman sepantarannya.

5. Menarik Diri dari Lingkungan

Dampak bullying juga bisa terjadi pada aspek sosial. Biasanya, korban bullying akan menarik diri dari lingkungan sosial karena takut akan mendapatkan perlakuan yang sama. 

Kondisi tersebut juga bisa menjadi dampak bullying di media sosial atau cyberbullying. Korban biasanya akan menarik diri dari lingkungan dan tidak akan menggunakan media sosial tertentu karena merasa takut dan cemas.

BACA JUGA:Viral! Kondangan Dapat Souvenir Pernikahan Bibit Tanaman

6. Sulit Membentuk Hubungan

Dalam jangka panjang, dampak bullying dapat membuat korban sulit membentuk hubungan yang saling percaya. Pasalnya, korban biasanya memiliki trust issue terhadap kelompok atau seseorang yang dekat dengan pelaku. 

Misalnya, ia pernah dirundung oleh kakak tingkat. Hal ini akan membuat korban memiliki trust issue untuk berinteraksi atau satu tim dengan orang yang lebih tua.

Jangan sekali sekali kalian lakukan pembullyan ya karna bisa sangat membahayakan mental terutama.

Kategori :